Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Jumat, 04 Maret 2016

Widgets

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS



LAPORAN KARYA ILMIAH
LINGKUNGAN BISNIS
Karya Ilmiah ini disusun sebagai salah satu Tugas Individu
LINGKUNGAN BISNIS


  Disusun Oleh :
                                        Nama                : Rizki Fajarista
                                        Kelas                 : S1-TI 10
                                        NIM                  : 15.11.9134

STMIK AMIKOM YOGJAKARTA
TAHUN AJARAN 2015/2016

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Karya ilmiah ini dengan judul “Usaha Bisnis Online tanpa Modal. Tugas ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas Lingkungan Bisnis STMIK AMIKOM YOGJAKARTA.
Sesuai dengan tugas ini mengulas tentang bagaimana sebuah bisnis jika ditekuni dan diamalkan dengan baik maka akan menjadi sebuah bisnis yang banyak menguntungkan dari segi Ekonomi maupun Nonekonomi
Kami menyadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan, oleh sebab itu kami akan sangat bertetima kasih sekirahnya mendapatkan masukan-masukan untuk penyempurnaannya, terutama kami sangat berharap sumbang saran dari Bapak/Ibu pengampu Lingkungan Bisnis. Atas masukan- masukannya kami ucapkan terima kasih.
Yogjakarta,……………….
                               
                                                                                                                                 Penulis 

ABSTRAK
Semua orang sebenarnya bisa menjadi enterpreneur atau pengusaha tergantung dari besarnya niat dan tekad dari orang tersebut.Banyak keuntungan dengan menjadi seorang pengusaha seperti kebebasan dalam bekerja atau tidak terikat oleh waktu selain itu seorang pengusaha juga mempunyai rasa bangga pada diri sendiri karena bisa membuat lapangan kerja sendiri atau  mempekerjakan orang lain.Untuk menjadi pengusaha yang baik diperlukan sikap mental yang positif.Sikap mental positif merupakan salah satu dari jiwa enterpreneur yang menonjol.Setiap pengusaha juga harus mempunyai visi-misi yang jelas pada usaha yang akan dijalankan.Di sampin itu berdo’a adalah hal yang harus terus menerus dilakukan oleh seorang yang akan melakukan usaha dan yang menjalankan usaha.Dalam berbisnis atau berwira usaha kita juga dituntut untuk kreatif dan berani beda dengan yang lain walaupun itu bisnis yang menjamur kita harus tetap mempunyai perbedaan dan ciri khas dengan cara-cara berbisnis kita,tidak terpaku dengan dengan cara bisnis yang sudah menjamur.Dari materi semester 1 lingkungan bisnis terdapat 4 macam enterpreneur pertama Bussines enterpreneur,Government  enterpreneur,Social enterpreneur,dan juga Academic Enterpreneur.Di tugas ini saya akan menulis tentang Bussines Enterpreneur.Peluang Bisnis yang akan saya tulis adalah bisnis usaha online tanpa mengeluarkan modal sama sekali, hanya menggunakan skill/kemampuan kita sendiri .Karena bisnis ini tidak akan mati, karna banyak sekarang orang menggunkan internet yang mencari ilmu ataupun lainnya.
. ISI
Mengelola bisnis tersebut atau usaha online bukanlah hal yang mudah banyak kendala-kendala yang harus di lalui banyak  bisnis lainnya. Seperti kurangnya skill atau kemampuan yang biasa melakukan bisnis tersebut, namun dengan kita belajar sedikit – sedikit lewat mbah google apa itu usaha online tanpa modal banyak cara yang di keluarkan oleh mbah google. Okey, enggak usah terlalu banyak kita membahas atau apa itu usaha tanpa modal langsung aja contoh – contoh usaha yang akan saya tunjukan untuk mudah kalian mengerti :
1.     Jasa pembuatan Website/Blog
Cara pertama ini cocok sekali bagi Anda yang mempunyai kemampuan untuk membangun dan membuat blog atau website. Anda tidak perlu kursus membuat website apalagi keahlian cukup besar dalam mengolah kode php untuk build. Pada saat ini ada sebuah platform atau CMS dalam build situs. Nama platform tersebut adalah WordPress. Setelah membuat situs dengan WordPress maka didalamnya terdapat banyak sekali plugin wordpress dimana akan membantu dalam membenahi situs anda itu. Di samping itu ada terdapat juga themes/template yang jumlahnya sangat banyak dan dapat digunakan secara gratis. Namun jika anda mempunyai uang lebih, ada baiknya mencoba themes premium/berbayar. Bisnis juga saya terapkan dalam hidup berbisnis di dunia internet.
2.     Reseller/Affiliate/Dropshiper (Jual Produk Milik Orang Lain)
Salah satu keuntungan dengan jadi reseller maupun dropshiper adalah kita sudah tidak perlu lagi memikirkan pengadaan barang yang hendak dijual dan beserta proses untuk pengiriman barang. Pada era modern ini banyak dari Toko online menawarkan sistem penjualan seperti ini. Akan tetapi sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu latar belakang, riwayat dari transaksi toko dunia maya itu. Dan pastikan anda bekerja sama dengan orang yang bisa dipercaya dan mempunyai tanggung jawab terhadap jualannya.
3.     Jasa Menulis Konten/Artikel untuk Website
Artikel atau Konten website bisa diartikan membuat sebuah teks, video ataupun gambar kemudian di publish pada suatu website. Ini juga merupakan bagian bisnis untuk dapatkan pendapatan namun gratis & tidak menggunakan modal besar. Namun demikian kebanyakan konten blog berisikan teks atau tulisan. Tidak sedikit pemilik blog mempunyai sedikit waktu untuk mengelola situsnya sendiri. Bahkan diantara mereka ada juga yang tidak memiliki kemampuan untuk menulis artikel. Itu merupakan peluang bisnis yang bisa di raih apabila mempunyai kemampuan menulis baik.
4.     Blogger Profesional
Cara mendapatkan dollar ataupun rupiah dengan gratis selanjutnya adalah menjadi seorang Blogger yang profesionall Bagi kita yang mengerti dunia internet kemungkinan besar akan bisa menjadi Blogger. Banyak diantara para Blogger mendapatkan earning atau penghasilan dari website/blog sangat luar biasa. Dengan penghasilan mempunyai blog tersebut, mereka bisa mencukupi kehidupannya sendiri dan bahkan keluarganya atau bisa membayar biaya kuliah sendiri. Tidak sedikit dari mereka mempunyai tabungan berlebih hasil pendapatan blog atau situs mereka. Pendapatan para blogger didapatkan bisa berasal dari Google Adsense, Alternatif adsense, review produk dan masih banyak yang lainnya.

Selain cara-cara diatas, masih banyak sekali peluang gratis dan tidak menggunakan modal dari akan tetapi dollar mengalir dari internet. Intinya jangan pernah menyerah dalam berusaha, sekali gagal maka jangan takut untuk mencobanya lagi. Cobalah untuk mencari kekurangan mapun juga penyebab atas gagalnya usaha bisnis Anda, jika sudah mengetahui maka perbaiki dan berusaha untuk selanjutnya. Dan kunci dari berbisnis adalah jangan takut mencoba, apalgi itu mencoba hal baru.

Referensi :
Ø  M.Suyanto,2011,Everyone can become a successful enterpreneur,Yogyakarta.


SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

0 komentar: