Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Selasa, 15 Maret 2016

Widgets

Pengertian Power/Power PC

Power/Power PC

PowerPC (kependekan dari Pengoptimalan Dengan Kinerja Enhanced RISC - Performance Computing, kadang-kadang disingkat PPC) adalah arsitektur RISC tahun 1991 yang diciptakan oleh Apple-IBM-Motorola aliansi, yang dikenal sebagai AIM. PowerPC, sebagai set instruksi yang berkembang, telah sejak tahun 2006 diganti namanya menjadi Power ISA tetapi hidup sebagai warisan merek dagang untuk beberapa implementasi dari Arsitektur berbasis prosesor Power.


Awalnya ditujukan untuk komputer pribadi, PowerPC CPU telah tertanam sejak menjadi populer dan prosesor berkinerja tinggi.
PowerPC adalah dasar dari AIM's PREP dan Common Hardware Reference Platform inisiatif pada 1990-an dan sementara arsitektur terkenal yang digunakan oleh Apple Macintosh baris 1994-2006 (sebelum transisi Apple ke Intel), penggunaannya dalam konsol permainan video dan melekat aplikasi jauh melebihi penggunaan Apple.

PowerPC sebagian besar didasarkan pada sebelumnya IBM POWER arsitektur, dan mempertahankan tingkat tinggi kompatibilitas dengan itu pada arsitektur-arsitektur tetap cukup dekat sehingga program yang sama dan sistem operasi akan dijalankan pada kedua jika beberapa perawatan diambil dalam persiapan baru chip di POWER melaksanakan serangkaian lengkap set instruksi PowerPC.




Kelompok Power PC
q 601, adalah mesin 32 bit merupakan produksi masal arsitektur
          PowerPC untuk lebih dikenal masyarakat.
q 603, merupakan komputer desktop dan komputer portabel.
          Kelompok ini sama dengan seri 601 namun lebih murah untuk
          keperluan efisien.
q 604, seri komputer PowerPC untuk kegunaan komputer lowend
          server dan komputer desktop.
q 620, ditujukan untuk penggunaan high-end server. Mesin
          dengan arsitektur 64 bit.
q 740/750, seri dengan cache L2.
q G4, seperti seri 750 tetapi lebih cepat dan menggunakan
          8 instruksi paralel
Power pc prosesor ringkasan
1993 - 2003

 





Power pc G5 cache
L1: delapan cara mengatur asosiatif
L2: dua arah (256k, 512k atau 1Mb
L3: offchip upto 1MB
L1, L2 dan L3 cache

    *
Cache Dasar-dasar
    
* 744X/5X L1 cache
    * Transient instruksi beban manfaat
    * L2 cache organisasi
    * L2 penggantian algoritma seleksi, L2 penguncian
    
* L3 Cache L3 organisasi sesuai dengan ukuran
    * L2 penggantian algoritma seleksi, L3 penguncian
    
* L3 SSRAM digunakan sebagai memori pribadi
    * Cache koherensi dasar
    * The Mesi L1 data baris menyatakan
    * Mesi mengintai melibatkan urutan 2 G4 dan PCI master
cache tempat menyembunyikan; tempat menyimpan sementara
L2 cache mengacu pada "Level 2" cache. Ini adalah satu set rangkaian memori yang dirancang untuk menyimpan informasi yang diakses baru-baru ini yang belum tertangkap oleh L1 cache. Karena kedua setelah Level 1 cache, L2 cache juga disebut sebagai cache sekunder. Sering muncul lebih besar dari L1 cache dan melakukan pada tingkat yang sedikit lebih lambat.
Umumnya terdiri dari chip SRAM yang terletak di dekat prosesor, meskipun demikian, prosesor Athlon generasi terbaru memiliki L2-Cache on chip. Fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor.

PowerPC 601 - A 32-bit RISC prosesor dengan 2,8 juta transistor (~ 1,2 juta dalam logika inti) dan 32 kilobyte on-chip cache. Die size: 118,8 mm2. Pembuangan panas di 66MHz: 9W. Kinerja di 66MHz: integer> 60 SPECint92, floating-point> 80 SPECfp92. Perkiraan biaya produksi: $ 76. Maksimum instruksi per siklus: 3. 32 32-bit register untuk keperluan umum. 32 64-bit floating-point register. Penerusnya: PowerPC 603, 604, 620.

PowerPC 601
PowerPC mencapai 601 prototipe silikon pertama pada Oktober 1992
PowerPC 601 adalah generasi pertama dari mikroprosesor untuk mendukung dasar PowerPC 32-bit instruksi ditetapkan.
Usaha desain dimulai dengan sungguh-sungguh pada pertengahan 1991 dan chip prototipe pertama yang tersedia pada bulan Oktober 1992. Prosesor 601 pertama diperkenalkan pada workstation IBM RS/6000 pada Oktober 1993 (bersama yang lebih kuat IBM POWER2 sepupu multichip garis prosesor) dan yang pertama Apple Power Macintoshes pada tanggal 14 Maret 1994. Yang pertama 601 chip tunggal lanjutan pelaksanaan POWER / PowerPC arsitektur yang dirancang pada sebuah kecelakaan jadwal untuk mendirikan PowerPC di pasar dan semen AIM aliansi. Dalam rangka untuk mencapai jadwal yang sangat agresif sementara termasuk substansial fungsi baru (seperti peningkatan kinerja secara substansial, instruksi baru dan penting POWER / PowerPC 's multiprocessing simetris pertama (SMP) pelaksanaan) desain leverage sejumlah teknologi kunci dan strategi manajemen proyek. Tim yang 601 banyak memanfaatkan struktur dasar dan bagian dari IBM RISC Single Chip (RSC) prosesor, tetapi juga termasuk dukungan untuk sebagian besar instruksi PowerPC baru tidak di set instruksi POWER. Sementara hampir setiap bagian dari desain Web itu diubah, dan banyak blok desain yang substansial dimodifikasi atau dirancang ulang diberikan sepenuhnya benar-benar berbeda bersatu I / O bus struktur dan SMP / memori dukungan koherensi. PowerPC baru perubahan, meningkatkan struktur RSC dasar sangat bermanfaat untuk mengurangi ketidakpastian di bidang chip / floorplanning dan waktu analisis / tuning. Patut dicatat adalah bahwa tidak hanya dilaksanakan 601 substansial fungsi kunci baru seperti SMP, tetapi juga bertindak sebagai jembatan antara DAYA dan masa depan untuk membantu prosesor PowerPC IBM dan pengembang perangkat lunak dalam transisi ke PowerPC. Dari awal dari desain ke tape-keluar dari 601 prototipe pertama hanya 12 bulan dalam rangka mendorong keras untuk mendirikan PowerPC di awal pasar.

 The Bus Interface untuk 32-Bit Microprocessors - IBM.com
88.110 menggunakan bus sebagai dasar untuk membantu jadwal bis 60X dalam beberapa cara. Itu membantu Power Macintosh Apple tim dengan mengurangi jumlah desain ulang dukungan mereka Asics dan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk prosesor perancang dan arsitek untuk mengusulkan, dokumen, bernegosiasi, dan menutup sebuah antarmuka bus baru (berhasil menghindari "Bus Perang "601 diharapkan oleh tim manajemen jika 88.110 bus atau bus RSC sebelumnya tidak pernah diadopsi). Layak untuk dicatat adalah bahwa menerima bus 88.110 untuk kepentingan usaha dan Apple aliansi dengan mengorbankan IBM RS/6000 pertama tim desain sistem usaha yang telah mereka Asics dukungan sudah dilaksanakan di seluruh Web yang sama sekali berbeda struktur bus.

Bis 60X ini kemudian menjadi dasar hidup cukup lama antarmuka untuk banyak varian dari 601, 603, 604, G3, G4 dan Motorola / Freescale PowerQUICC prosesor.
80 MHz PowerPC 601

Chip ini dirancang agar sesuai dengan berbagai aplikasi dan memiliki dukungan untuk L2 cache eksternal dan multiprocessing simetris. Itu memiliki empat unit fungsional, termasuk unit floating point, unit integer, unit cabang dan unit sequencer. Prosesor juga termasuk unit pengelolaan memori. The integer pipa panjang empat tahap, cabang pipa panjang dua tahap, pipa memori lama lima tahap, dan floating-point enam tahap pipa panjang.

IBM adalah satu-satunya produsen 601 dan 601 + mikroprosesor di Burlington, Vermont dan Timur Fishkill, New York fasilitas produksi. 601 yang digunakan pada IBM 4s CMOS-proses dan 601 + menggunakan CMOS-5x IBM proses. Jumlah yang sangat kecil ini dan 601 + 601 prosesor relabeled dengan Motorola logo dan nomor bagian dan didistribusikan melalui Nokia. Fakta-fakta ini agak dikaburkan diberikan terdapat berbagai gambar dari "Motorola MPC601", terutama salah satu kasus tertentu ahli pemasaran Motorola di mana 601 adalah nama salah satu dari Time Magazine's 1994 "Products of the Year" dengan tanda Motorola.
[sunting] PowerPC 601v
IBM diproduksi 90 MHz PowerPC 601v. Perhatikan yang sedikit lebih kecil mati

Versi terbaru, 601v PowerPC PowerPC 601 +, beroperasi pada 90-120 MHz yang diperkenalkan pada tahun 1994. Itu baru mengarang dalam proses 0,5 μm CMOS dengan empat tingkat interkoneksi, mengakibatkan mati mengukur 74 mm2. The 601 + Desain remapped dari CMOS-4s untuk CMOS-5x oleh IBM-satunya tim. Untuk menghindari waktu-ke-pasar alat penundaan dari perubahan desain dan commonizing fab groundrules, baik 601 dan 601 + dirancang dengan IBM EDA tools pada sistem IBM dan mengarang di IBM-satunya fasilitas.

603 PowerPC adalah prosesor pertama pelaksanaan lengkap PowerPC 32-bit Arsitektur sebagaimana ditentukan.
Hal ini dirancang untuk menjadi biaya rendah, low end prosesor untuk portabel dan melekat digunakan. Salah satu fitur utama adalah fungsi penghematan daya (terlena, tidur siang dan tidur mode) yang dapat secara dramatis mengurangi kebutuhan daya, menggambar hanya 2 mW dalam modus tidur. The 603 memiliki empat tahap pelaksanaan pipa dan lima unit: unit integer, floating point unit, prediksi cabang unit, load / store unit dan unit registry sistem. Telah terpisah 8 KB L1 cache untuk instruksi dan data dan 32/64 bit memory bus 60X, mencapai hingga 75 MHz. 603 inti yang tidak memiliki dukungan hardware untuk SMP.
Motorola A 200 MHz PowerPC 603 dalam keramik kemasan Ball Grid Array.

PowerPC 603 memiliki 1,6 juta transistor dan mengarang oleh IBM dan Motorola dalam proses CMOS 0,5 μm dengan empat tingkat interkoneksi. Yang mati adalah 85 mm2 gambar besar 3W di 80 MHz. 603 arsitektur yang merupakan nenek moyang langsung ke arsitektur PowerPC 750, dipasarkan oleh Apple sebagai PowerPC "G3".

Itu digunakan di low end dan model Macintosh portabel tetapi juga ditemukan banyak digunakan dalam berbagai peralatan embedded. Prosesor mendapat reputasi agak buruk di komputer Apple sejak perangkat lunak emulasi 68k tidak cocok dengan cache yang relatif kecil menyebabkan beberapa rusak kinerja perangkat lunak yang lebih tua. Kinerja yang buruk ini membuat tidak dapat diterima sebagai sebuah laptop CPU dan tidak digunakan dalam seperti itu, menunda PowerBook Apple PowerBook Duo 5.300 dan 2.300 pengenalan.

Isu kinerja dari 603 yang dibahas dalam PowerPC 603e. The L1 cache diperbesar dan ditingkatkan sampai 16 kB empat arah asosiatif set-cache data dan instruksi. The clock speed prosesor juga sudah dua kali lipat, mencapai 200 MHz. Shrinking the proses fabrikasi 0,35 μm diperbolehkan untuk kecepatan hingga 300 MHz. Bagian ini kadang-kadang disebut PowerPC 603ev. 603e dan 603ev yang memiliki 2,6 juta transistor masing-masing dan 98 mm2 dan 78 mm2 besar masing-masing. Yang menarik 603ev maksimum 6 W di 300 MHz.

PowerPC 603e adalah yang pertama prosesor desktop utama untuk mencapai 300 MHz. Yang 603e juga digunakan dalam kartu akselerator dari Phase5 untuk garis Amiga komputer, dengan kecepatan CPU berkisar di 160-240 MHz. PowerPC 603e masih dijual saat ini oleh IBM dan Freescale, dan lain-lain seperti Atmel dan Honeywell yang membuat radiasi varian RHPPC mengeras. PowerPC 603e juga jantung dari BeBox Jadilah Inc BeBox dicatat karena merupakan sistem multiprocessing, sesuatu yang 603 tidak dirancang untuk. IBM juga menggunakan prosesor PowerPC 603e di ThinkPad seri 800 komputer laptop. 603e prosesor yang juga kekuasaan semua 66 satelit pada telepon satelit Iridium armada. Satelit masing-masing berisi tujuh Motorola / Freescale PowerPC 603e kasar prosesor berjalan

PowerPC 740/750
300 MHz processor Motorola PowerPC 750 off-mati dengan L2 cache pada CPU modul dari Power Mac G3.
PowerPC, 740 dan 750 (codename Arthur) [1] diperkenalkan pada akhir tahun 1997 sebagai pengganti evolusi untuk PowerPC 603e. Perangkat tambahan yang lebih cepat 60X termasuk sistem bus (66 MHz), lebih besar L1 cache (32 KB instruksi dan 32 KB data), kedua unit integer, floating point yang disempurnakan unit, dan frekuensi inti lebih tinggi. 750 mendapat dukungan untuk sebuah 256, 512 atau 1024 KB L2 cache bersatu eksternal.
Cache controller dan cache tag on-mati. Cache diakses melalui berdedikasi 64-bit bus.

740 dan 750 yang dinamis menambahkan prediksi cabang dan cabang 64-entri sasaran instruksi cache (BTIC). Prediksi cabang dinamis menggunakan hasil rekaman disimpan cabang di 512-entry oleh 2-bit sejarah cabang tabel (BHT) untuk memprediksi hasilnya. The BTIC cache dua instruksi pertama di cabang sasaran.
Para model 740/750 itu 6.35 juta transistor dan pada awalnya dibuat oleh IBM dan Motorola dalam proses fabrikasi berbasis aluminium. Dadu diukur 67 mm2 pada 0,26 μm dan mencapai kecepatan hingga 366 MHz, sementara mengkonsumsi 7,3 W.
Pada tahun 1999, IBM versi mengarang dalam proses 0,20 μm dengan interkoneksi tembaga, yang meningkatkan frekuensi hingga 500 MHz dan konsumsi daya menurun hingga 6 W dan ukuran yang mati sampai 40 mm2.
The 740 sedikit mengungguli Pentium II sementara mengkonsumsi jauh lebih sedikit daya dan dengan yang lebih kecil mati. Off-die L2 cache dari 750 peningkatan kinerja oleh sekitar 30% pada kebanyakan situasi. Rancangan itu begitu sukses sehingga dengan cepat melampaui PowerPC 604e dalam performa integer, menyebabkan penerus 604 direncanakan akan dihapus.
740 PowerPC, pin sepenuhnya kompatibel dengan yang lebih tua 603, memungkinkan upgrade ke PowerBook 1400, 2400, dan bahkan sebuah prototipe PowerBook 500/G3. 750 dengan L2 cache bus membutuhkan lebih banyak pin dan dengan demikian paket yang berbeda, 360-pin ball grid array (BGA).
PowerPC 750 yang digunakan di banyak komputer dari Apple, termasuk iMac asli.

PowerPC G4 adalah sebutan yang digunakan oleh Apple Computer untuk menggambarkan generasi keempat dari 32-bit PowerPC mikroprosesor. Apple telah diterapkan nama ini ke berbagai berbeda (meskipun erat terkait) dari model prosesor Freescale, mantan bagian dari Motorola.

Macintosh komputer seperti PowerBook G4 dan iBook G4 laptop dan Power Mac G4 dan Power Mac G4 Cube desktop semuanya mengambil nama mereka dari prosesor. Sebuah PowerPC G4 juga digunakan dalam eMac, Xserves generasi pertama, generasi pertama Mac Minis, dan flat-panel iMac sebelum pengenalan PowerPC 970.

Apel benar-benar dihapus dari seri untuk desktop G4 model setelah memilih 64-bit PowerPC yang diproduksi IBM-970 prosesor sebagai dasar untuk PowerPC G5 seri. Model desktop yang terakhir yang menggunakan Mac G4 adalah Mini yang kini hadir dengan prosesor Intel.
Terakhir portabel untuk menggunakan adalah G4 iBook G4 tetapi sekarang telah digantikan oleh MacBook berbasis Intel. PowerBook G4 yang telah digantikan oleh berbasis Intel MacBook Pro.

PowerPC G4 prosesor juga populer dalam sistem komputer lain, seperti Amiga klon, seperti dari Genesi Pegasos. Selain desktop komputer PowerPC, G4 ini populer di lingkungan embedded, seperti router, switch telekomunikasi, imaging, media pengolahan, avionik dan aplikasi militer, di mana orang dapat mengambil keuntungan dari SMP AltiVec dan kemampuan.

Ø Kesimpulan Tentang PowerPc :

PowerPC (kependekan dari Pengoptimalan Dengan Kinerja Enhanced RISC - Performance Computing, kadang-kadang disingkat PPC) adalah arsitektur RISC tahun 1991 yang diciptakan oleh Apple-IBM-Motorola aliansi, yang dikenal sebagai AIM. PowerPC sebagian besar didasarkan pada arsitektur  DAYA IBM.  Power PC sebagian besar didasarkan pada arsitektur DAYA IBM, arsitektur tetap cukup dekat bahwa program yang sama dan sistem operasi akan berjalan di kedua jika beberapa perawatan diambil dalam persiapan. Paling pribadi-komputer saat ini mengandung Intel diproduksi 80x86 / Pentium prosesor - sekitar 85% dari komputer pribadi menggunakan chip Intel. Dalam upaya untuk melepaskan cengkeraman Intel di pasar, IBM telah membentuk aliansi dengan Apple dan Motorola untuk menghasilkan Power PC tersebut.

Ø Fitur desain dari Power PC:

Power PC dirancang bersama prinsip RISC, dan memungkinkan untuk implementasi superscalar. Versi desain ada di kedua implementasi 32-bit dan 64-bit. Dimulai dengan spesifikasi DAYA dasar, Power PC menambahkan:
  • Dukungan untuk operasi di kedua mode big-endian dan little-endian; Power PC dapat beralih dari satu mode ke mode yang lain pada saat run-time.
  • Bentuk presisi tunggal dari beberapa instruksi floating point, di samping bentuk double-presisi.
  • Instruksi poin tambahan mengambang di atas perintah Apple, menyatu multiply menambahkan A 64-bit spesifikasi lengkap yang kompatibel dengan 32-bit mode. Sebuah memori/halaman  arsitektur manajemen memori yang digunakan secara luas di server dan PC sistem.



          The MPC601 (RISC) adalah yang pertama dari serangkaian chip PowerPC diumumkan oleh aliansi. Ini berisi panjang tetap 32 bit petunjuk lebar dan tiga unit eksekusi paralel. Tiga unit eksekusi adalah Pengolahan Cabang Unit (BPU), Integer Unit (IU) dan Satuan Floating-point (FPU). Instruksi yang dikirim ke unit eksekusi yang berbeda melalui Unit instruksi, yang dapat antrian hingga delapan instruksi dan memiliki penambah khusus untuk prefetching. Instruksi dan data yang diambil dari 32KB terpadu delapan arah, cache set-asosiatif. cache ini menggunakan (LRU) algoritma penggantian setidaknya-baru ini digunakan. Unit Manajemen Memori mendukung paging permintaan untuk halaman 4KB dan mendukung blok menangani untuk ukuran blok mulai dari 123kb ke 8MB.

Ø Hadir Status :
1.     PowerPC G5 - 64-bit prosesor Power Arsitektur.
2.     Cell  adalah arsitektur mikroprosesor yang dikembangkan bersama oleh Sony. Computer Entertainment, Toshiba, dan IBM - permainan PS3 konsol.
3.     xenon - berdasarkan IBM PowerPC ISA - XBOX 360 game konsol.
4.     Broadway - berdasarkan IBM PowerPC ISA - Nintendo Wii game konsol.

Ø Masa Depan Teknologi :
Power7, Power PC e700 atau NG-64 (Kemudian di Generation 64-bit) garis depan kinerja tinggi 64-bit tertanam core RISC-prosesor dibangun menggunakan teknologi Power Arsitektur dirancang oleh Freescale.


          32-bit dan 64-bit prosesor Power PC telah menjadi favorit desainer komputer yang tertanam. Untuk menjaga biaya rendah pada volume tinggi produk yang kompetitif, inti CPU biasanya dibundel ke dalam sistem-on-chip (SOC) sirkuit terpadu. Arsitektur Power PC menggabungkan canggih berkurang instruksi komputasi dan pipelining/lapisan teknik menjadi, rendah daya chip CMOS kecil. Lapisan pipa/pipalening kini sudah maju, unit eksekusi independen yang memungkinkan hingga tiga instruksi untuk dieksekusi secara paralel, sementara pada saat yang sama memiliki teknik percabangan statis sederhana dan relatif sederhana data terpadu dan cache instruksi. teknik desain disederhanakan ini telah meninggalkan ruang untuk cache relatif besar (32k) untuk memberikan rasio cache mendapatkan lebih tinggi.

Ø  Kelompok Power PC :

·        601, adalah mesin 32 bit merupakan produksi masal arsitektur
          PowerPC untuk lebih dikenal masyarakat.
·        603, merupakan komputer desktop dan komputer portabel.
          Kelompok ini sama dengan seri 601 namun lebih murah untuk
          keperluan efisien.
·        604, seri komputer PowerPC untuk kegunaan komputer lowend
          server dan komputer desktop.
·        620, ditujukan untuk penggunaan high-end server. Mesin
          dengan arsitektur 64 bit.
·        740/750, seri dengan cache L2.
·        G4, seperti seri 750 tetapi lebih cepat.























SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

1 komentar: